KATA PENGANTAR

Unit Penjaminan Mutu (UPM) Internal Akper Yapenas 21 Maros mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan tujuan utama untuk menyediakan pelayanan pendidikan yang bermutu tinggi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perkembangan profesionalisme khususnya di bidang keperawatan dan kesehatan.

Oleh karena itu, UPM harus mampu menjaga dan meningkatkan kepercayaan yang diberikan masyarakat baik secara internal maupun eksternal dalam hal kualitas dari produk sebuah perguruan tinggi yang diluluskan. Berdasarkan keinginan yang mulia tersebut, maka Direktur Akper Yapenas 21 Maros memberikan amanah kepada UPM untuk meningkatkan SPMI institusi maupun prodi.

Salah satu tugas UPM adalah menciptakan budaya mutu di lingkungan perguruan tinggi. Pelaksanaan budaya mutu diawali dengan membuat dokumen-dokumen mutu SPMI. Dokumen mutu SPMI UPM disusun berdasarkan penerapan penjaminan mutu yang disesuaikan dengan SNPT yang berlaku. Dokumen mutu yang telah disusun tersebut akan dievaluasi secara periodik untuk mengetahui tingkat relevansinya dengan cita-cita perguruan tinggi, peraturan pemerintah yang di buat, dan masyarakat pengguna.

Dokumen Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ini berisi tentang garis besar pelaksanaan SPMI di Akper Yapenas 21 Maros, dengan harapan dapat menjamin mutu setiap kegiatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Maros, Mei 2019

Direktur Akper Yapenas 21 Maros

Rahmat Pannyiwi, SKM., S.Kep., M.Kes.